Jangan Menunggu Batu Teguran dari Allah SWT

Kultum Ba’da Dluhur

Pada : Senin, 8 April 2013
Oleh : Pak Dayat Sutisna

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.{QS Ibrahim:7}

Saudaraku, marilah kita senantiasa mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Alhamdulillah sampai pada detik ini, kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati udara dari Nya, dapat melihat indahnya dunia, jantung masih dapat berdetak, darah masih dapat mengalir dengan normal, tangan dan kaki masih dapat digerakkan dengan baik, dan nyawa ini masih mendapat jatah untuk hidup sampai detik ini.

Pernahkah diantara kita yang dapat menghitung nikmat yang Allah berikan kepada kita, sampai hari ini? Tidak akan bisa, dan tidak akan pernah bisa kita menghitung nikmat yang Allah berikan kepada kita hari ini pun.

Lantas apa kita layak menyombongkan diri melupakan nikmat Allah SWT kepada kita, betapa lemahnya kita dihadapannya, tatkala penyakit menyerang tubuh kita, betapa hinanya kita manakala sedikit saja aib kita terbuka oleh massa.

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Ada sebuah kisah yang mudah-mudahan dapat mengingatkan kita akan pentingnya mensyukuri nikmat.

Alkisah ada seorang pekerja bangunan yang hendak mendaki ke puncak bangunan agar dapat melihat pemandangan disekitar. Sesampainya diatas, ia lupa ada sesuatu yang tertinggal di bawah, lalu ia memandang ke bawah ada seorang temannya sedang berdiri di lantai paling bawah. Pekerja bangunan itu berniat meminta tolong temannya untuk mengambil barang yang ia maksud.

Pekerja bangunan mencoba untuk memanggil temannya dengan suara yang keras, namun berkali-kali ia lakukan sang teman tidak juga mendengar karena suara bising alat-alat berat disekitar bangunan. Kemudian, ia mencoba melempar uang koin disakunya ke bawah dengan maksud agar temannya menengok ke atas. Awalnya, ia lempar uang koin tersebut dan jatuh tepat di depan temannya, namun apa yang terjadi? Temannya justru mengambil uang koin dan memasukkannya ke saku tanpa melihat keatas seperti yang ia harapkan.

Kedua kali ia mencoba melempar koin dan tepat jatuh di depan temannya, namun yang terjadi adalah hal yang sama. Sang teman hanya mengambil koin tanpa menengok keatas seperti harapannya.

Akhirnya ia mempunyai ide untuk melempar sebongkah batu bata yang tidak begitu besar ke bawah dengan maksud yang sama agar sang teman mau menengok keatas dan ia bisa menyampaikan pesannya. Sekali ia mencoba melempar potongan batu kebawah dan jatuh tepat diatas kepala sang teman, sontak temannya terperanjat dan langsung menengok keatas mencari apa yang barusan menimpanya. Alhasil pekerja bangunan tersebut dapat menyampaikan pesannya kepada teman dibawahnya.

Nah saudaraku, terkadang kita lupa akan nikmat yang Allah berikan kepada kita, ketika uang gaji sudah diterima, uang tunjangan remunerasi, sertifikasi, dan sebagainya begitu melimpah kita terima. Betapa Allah SWT memberikan kita berbagai rezeki yang begitu banyak. Namun yang terjadi adalah kita terkadang lupa untuk bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Terkadang kita lupa untuk mambayar zakat mal, berinfaq, shadaqah. Terkadang kita lupa untuk membayarkannya, jangankan zakat yang wajib, utang pun kadang kita lupa untuk membayarkannya.

Apakah kita menunggu teguran dari Allah SWT layaknya batu yang diturunkan dari atas? Apakah kita akan bersyukur manakala kesempitan melanda hidup kita? Sampai kapan kita akan bersyukur?

Kesehatan memang mahal, namun apakah kita sering mensyukuri nikmat tersebut ketika kondisi sehat? Atau justru kita baru tersadar manakala tubuh sedang sakit?

Saudaraku, bersyukurlah atas apa yang Allah berikan kepada kita, disaat waktu lapang sebelum sempit. Ketika kondisi uang berlimpah sebelum uang menipis. Ketika tubuh sehat sebelum sakit. Allah Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.

Wallahu a’lam bishshowwab…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: